Inilah Bahaya Zat Pewarna Makanan Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Zat Pewarna Makanan Bagi Kesehatan Tubuh - Segala cara bisa dilakukan oleh seseorang hususnya dalam hal kegiatan tertentu, Tidak jarang seseorang menambahkan zat tambahan pada makanan dan minuman yang mereka produksi baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijualnya. Seseorang melakukan hal itu tidak lain hanyalah untuk keuntungan yang lebih besar semata dan tidak melihat resiko yang akan timbul jika dikonsumsi. Jika anda mengkunsumsi zat-zat makanan seperti pewarna, pengawet, penyedap rasa, dan  pemanis. Bukan hanya itu saja, ada juga zat lainnya yang berbahaya jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan kolesterol pada tubuh anda.

Salah satu pendapat ahli yaitu Dr. Purnamawati, SpAK, MMPaed mengatakan "jika kadar zat aditif relatif kecil didalam tubuh anda, maka masih bisa mentolerir atau menetralkan. Namun sebaliknya, jika kadar zat aditif terlalu besar yang masuk dalam tubuh, maka peluang untuk terjadinya gangguan sistem kesehatan tubuh anda.



Sebenarnya ada cara yang cukup positif untuk dikerjakan, dengan menggunakan Pewarna alami yang aman dikonsumsi, seperti halnya pewarna tradisional yang berasal dari kunyit dan daun suji. Di Indonesia masih beredar pewarna yang dilarang menurut "Permenkes No 239/Menkes/Per/IX/85 seperti Rhodamin B. Jenis pewarna sintetik ini bersifat toksik dan memberikan dampak yang membahayakan bagi kesehatan manusia".

Jika pemerintah mengeluarkan daftar zat pewarna yang dilarang, Maka tidak ketinggalan juga mengeluarkan daftar Zat Pewarna sintesis yang diizinkan penggunaannya untuk makanan menurut "Permenkes RI No 722/Menkes/Per/IX/88 diantaranya Sunset Yellow, Ponceau 4R, Tartrazine dan Carmoisin". Meskipun merupakan zat pewarna yang diizinkan, ada batas-batas yang dianjurkan dalam menggunakannya, jadi rata-rata kurang dari 300 ppm (Winarno & Rahayu, 1991). Zat pewarna Sunset Yellow jumlah pemakaian yang di anjurkan adalah 12 – 300 ppm dan untuk Zat pewarna Ponceau 4R berkisar antara 30 – 300 ppm, dan untuk Zat pewarna Tartrazine dan carmoisine yaitu menggunakan secukupnya saja. Besar kecilnya Efek samping yang akan timbul tergantung pada dosis yang dikonsumsi setiap harinya, lama mengkonsumsi, dan kepekaan manusia yang bersifat individual.

Tujuan dengan digunakannya Zat aditif ini bertujuan menambah daya tarik dan meningkatkan selera makan setiap orang. Ada beberapa Zat pewarna makanan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang pastinya tidak berbahaya bagi kesehatan manusia, seperti halnya wortel, tomat, kunyit, kunir, daun pandan, dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui betapa bahayanya zat aditif yang berbahaya ini yang proses jalannya zat pewarna ini yaitu Dari organ hati, Zat ini akan masuk ke dalam sistem peredaran darah dan proses selanjutnya akan menuju ginjal. Ginjal pun tidak tinggal diam, dia harus bekerja keras agar bahan pewarna dapat diproses dan dikeluarkan dari dalam tubuh manusia. Parahnya lagi zat-zat warna sintetik tertentu juga diduga bersifat karsinogen yang bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker dan akan membahayakan tubuh anda.


Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan mengenai artikel ini, Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua maupun orang lain. Cara ini bisa anda gunakan untuk menjaga tubuh anda sebaik mungkin mulai sekarang ini agar tetap tampil sehat dan tidak gampang terkena penyakit. Rubah hidup anda nulai sekarang ini demi masa depan kehidupan yang lebih baik lagi.

0 Response to "Inilah Bahaya Zat Pewarna Makanan Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Copyright © 2014 Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Informasi - Powered by Blogger.com