Awas...!!! Hati-Hati Pada Minuman Bersoda

Siapa yang tidak mengenal minuman yang satu ini, Minuman yang menjadi salah satu favorit orang-orang di seluruh dunia. Minuman ini adalah minuman bersoda. Banyak merk minuman bersoda yang sudah tersebar yang diantaranya adalah Cocacola, Fanta, Sprite, Big Cola, dll. Indonesiapun turut menjadi salah satu pembuatnya, tidak hanya indonesia, manca negara pun turut menikmati produk-produk buatan negri kita ini "indonesia". Minuman bersoda memang nikmat dan segar di lidah dan tenggorokan, apalagi jika diminum saat perjalanan jauh dan panas. Jika anda mengkonsumsi minuman yang satu ini pada saat perjalanan itu akan menjadikan perjalanan anda lebih menyenangkan tanpa memikirkan hal apa yang menjadi efek samping ketika meminumnya. 


Minuman bersoda ini akan membuat anda orang. Bukan hanya itu minuman bersoda ini juga memiliki efek buruk. Parahnya lagi, jika anda sudah kecanduan, itu akan membuat anda sering mengkonsumsinya, bahkan hampir setiap hari dan beberapa kali dalam sehari. Apasih bahaya atau dampak buruk ketika anda mengkonsumsi minuman bersoda bagi tubuh anda? Ayo kita kupas tuntas dengan tetap membaca artikel ini sampai selesai. 

Berikut ini para ilmuan menyampaikan hasil penelitiannya ke media : 
  1. Jane Franklin adalah Salah satu Peneliti di University di Sydney mengatakan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi minuman bersoda seperlunya saja dan jangan sering-sering meminunya.
    “Apabila anda haus, minumlah air. Softdrink harus dinikmati tidak berlebihan,” ungkapnya. Ia menambahkan, minum terlalu banyak dapat mempengaruhi kimia otak serta pinggang pada manusia.
  2. Ilmuan Swedia pada tahun 2012 menyebutkan bahwa minum satu gelas minuman bersoda sudah bisa menimbulkan terkenanya kanker postat sekitar 40 persen.
    Wow.. sangat berbahaya sekali.
  3. Tidak ketinggalan juga para ahli mikrobiologi dari Hollins University mengumumkan salah satu hasil penemuannnya dalam International Journal of Food Microbiology adalah "48 % minuman bersoda mengandung bakteri tinja (coliform) atau bakteri e-coli yaitu bakteri yang hidup dan dapat berkembang biak di tinja/fases, dan bakteri tesebut tahan terhadap zat antibiotik yang diujikan peneliti." 
  4. Riset yang terahir ini sangat mengejutkan sekali seakan-akan menunjukkan betapa bahayanya minuman bersoda. Universitas Delhi India pernah terlaksana ajang perlombaan meminum pepsi cola, tahukah anda pemenangnya mampu minum seabnyak 8 kaleng, dan tragisnya sang juara tewas ditempat karena di dalam darahnya banyak mengandung CO2, Hal itu mengakibatkan darah tidak mandapatkan O2 secara normal.

Beberapa Hal yang Akan Terjadi Setelah Minum Minuman Bersoda
  1. Sesudah 10 menit, Segelas Cola mengandung sepuluh sendok teh gula  dapat melakukan serangan yang dapat menghancurkan organisme tubuh dan itu merupakan satu-satunya alasan kenapa kita tidak muntah pada saat mengkonsumsinya, karena didalamnya terkandung asam fosfat (phosphoric acid) yang menghambat aksi dari gula.
  2. Sesudah 20 menit, sebuah lompatan kadar insulin yang tinggi dalam aliran darah mulai terjadi, hal itu dapat menyebabkan hati akan mengkonversi semua gula menjadi lemak.
  3. Sesudah 40 menit, Proses pencernaan terhadap kafein akan selesai. Pupil mata mulai membesar. Berbarengan dengan itu tekanan darah akan naik karena hati membuang lebih banyak gula ke dalam aliran darah. Pemblokiran terhadap Reseptor adenosin akan terjadi, sehingga mencegah rasa kantuk dalam diri anda.
  4. Sesudah 45 menit, Tubuh dapat meningkatkan reproduksi hormon dopamin, yang hal itu dapat merangsang pusat kesenangan dalam otak. Sistem kerja seperti ini juga dimiliki oleh Heroi'n.
  5. Sesudah 1 jam, Asam fosfat atau bisa disebut juga phosphoric acid mengikat magnesium, kalsium, dan seng dalam saluran pencernaan yang memacu dengan cepat (supercharges) metabolisme dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, Bahkan proses pelepasan kalsium melalui urine akan juga meningkat.
  6. Sesudah lebih dari 1 jam, Proses pengeluaran magnesium, kalsium, dan seng dari organisme tubuh, yang hal itu merupakan salah satu bagian dari tulang kita, seperti 'sodium'. mudah marah atau tenang akan terjadi pada diri anda. Seluruh kuantitas air yang terkandung dalam coca-cola dihilangkan melalui urin.
  7. Ketika anda memiliki sebotol Coke yang dingin, Kemudian anda menikmati kesegarannya yang tak terbantahkan. dari minuman yang anda konsumsi itu,  apakah anda tahu kandungan “cocktail kimiawi” yang telah kita tuangkan ke dalam tenggorokan kita?
  8. Cola mempunyai bahan aktif yaitu asam ortofosfat (orthophosphoric acid). Karena mempunyai kandungan keasaman yang tinggi, tangki air yang digunakan untuk pengangkutan konsentrat ini harus dilengkapi dengan reservoir yang dirancang khusus untuk bahan yang sangat korosif.
  9. Tahukah anda, Satu kalengnya sama dengan 10 sendok gula yang cukup untuk menghancurkan Vitamin B. Jika anda kekurangan Vitamin B, maka  tubuh akan mengakibatkan buruknya pencernaan, lemahnya tingkat kesehatan, pusing, sulit tidur, tegangnya urat syaraf, cemas, dan kejangnya otot.
  10. Dan juga mengandung zat asam fosfor yang hal itu dapat menyebabkan rapuh dan lemahnya tulang dalam tubuh anda, khususnya dalam usia pertumbuhan, dimana yang demikian itu banyak terjadi keretakan pada tulang. 
  11. Kandungan CO2 didalamnya dapat menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan. Hal itu terjadi jika pada saat mengkonsumsinya berbarengan dengan makan, atau setelahnya. Bukan hanya itu saja, Hal itu juga menyebabkan peniadaan fungsi enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh lambung, selanjutnya terjadinya gangguan proses pencernaan dan pengambilan sari-sari makanan. 
  12. Zat kimia buatan yang terkandung didalamnya bisa merusak otak, dan menyebabkan hilangnya ingatan anda secara bertahap, dan juga rusaknya fungsi hati. 
  13. Mengandung kafein yang hal itu dapat menyebabkan meningkatnya frekuensi detak atau denyut jantung, naiknya tekanan darah, gula dalam darah, bertambahnya hormon-hormon dalam darah yang kadang bisa menyebabkan radang, bertambahnya keasaman lambung,  dan terlukanya lambung serta usus duabelas jari. Juga meningkatkan tekanan pada bagian bawah saluran makanan yang dapat menyebabkan tertolaknya makanan dan zat asam dari dalam lambung ke tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan radang. Bukan hanya itu saja, Kafein juga dapat menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan, oleh karena itu orang yang sudah terbiasa dengan minuman bersoda ini akan sulit untuk berhenti dikarenakan adanya pengaruh buruk dari kafein itu sendiri.
  14. Dapat meningkatkan resiko serangan penyakit diabetes. Minuman bersoda juga dapat menyebabkan hormon insulin di dalam tubuh tidak bisa lagi untuk mengubah zat gula menjadi gula otot atau bisa disebut juga glikogen. Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan hal itu sangat membahayakan.
    Parahnya lagi, Diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu penyakit yang lainnya, misalnya kerusakan jantung koroner dan stroke. Apabila anda termasuk dalam kategori orang yang banyak mengkonsumsi minuman bersoda, selain berpotensi menyebabkan diabetes, stroke dan kerusakan jantung koroner juga bisa terjadi pada diri anda.

Apkah anda sudah percaya...? Hah, belum? mari kita Uji demi mengupas tuntas mengenai bahayanya minuman bersoda:
  1. Dapat membersihkan noda lemak pada pakaian
    Silahkan Tuangkan sekaleng minuman bersoda ke dalam bak cucian yang bernoda lemak, selanjutnya tambahkan detergent, dan putar-putar dengan putaran biasa. Lihat hasilnya, Minuman bersoda akan menghilangkan noda lemak dipakaian anda.
  2. Juga dapat menghilangkan titik-titik karat
    Misalnya bumper atau chrome mobil: Silahkan rendam gumpalan aluminium foil dalam air coca-cola. Kemudian gosok bumper dengan gumpalan tersebut. Lihat hasilnya, titik-titik karat sedikit demi sedikit akan hilang dengan sendirinya.
  3. Bisa juga membersihkan radiator mobil
    Silahkan campur satu kaleng minuman bersoda kedalam radiator mobil. Kemudian anda panaskan mesin kurang lebih selama 15 - 30 menit. Silahkan dinginkan mesin, lalu buanglah air radiator tersebut. Apa yang akan terjadi? Anda akan melihat karat didalam radiator rontok bersama air tersebut.
  4. Dapat membersihkan toilet:
    Silahkan tuangkan satu kaleng coca-cola ke dalam toilet. Kemudian tunggu kurang lebih 1 jam, Setelah itu silahkan anda siram sampai bersih. Kandungan Asam sitric dalam coca-cola dapat menghilangkan noda-noda keramik di toilet anda.
  5. Untuk menghilangkan hewan
    Pada kesempatan kali ini akan diuji pada seekor hewan cicak. Silahkan tuang coca-cola dalam sebuah wadah. Kemudian anda masukkan seekor bangkai cicak ke dalam wadah tadi. Silahkan tutup rapat wadah tersebut. dan tunggu kurang lebih 24 jam. Lihat hasilnya, cicak tersebut akan lenyap. Mengapa demikian? dikarenakan keasaman Coca-Cola dapat menghancurkan tubuh cicak.

Gimana? sudah cukup jelas. Jika anda masih belum percaya, silahkan anda peraktek sendiri untuk membuktikan kebenarannya. Demikian artikel bahaya minuman bersoda bagi tubuh anda, Semoga bermanfaat untuk kita semuanya, amin.

2 Responses to "Awas...!!! Hati-Hati Pada Minuman Bersoda"

Copyright © 2014 Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Informasi - Powered by Blogger.com